Selasa, 10 November 2015

03. PENGENALAN TAMPILAN SKETCHUP / A. Tampilan Interface

Setelah selesai menginstal SketchUp Make 15, akan muncul jendela konfirmasi seperti terlihat pada gambar di bawah, yang menginformasikan bahwa kita diberi kesempatan menggunakan SketchUp Pro (versi berbayar) selama 30 hari penuh. Setelah lewat masa tersebut, jika kita menginginkan untuk tetap menggunakan versi Pro tersebut, kita harus  membeli licensinya seharga $700.


Untuk mulai menggunakan SketchUp, klik tombol opsi :
maka jendela Template Selection akan muncul seperti tampak pada gambar di bawah.


Pilih salah satu Template yang tersedia pada jendela Template Selection tersebut, dalam hal ini penulis memilih template Architectural Design - Millimeters, (anda bisa memilih template mana saja untuk memulai misalnya Architectural Design - Meters). Sesuaikan dengan kriteria desain dan skala ukuran yang anda inginkan), kemudian klik pada tombol :
Gambar di bawah ini adalah tampilan interface (antarmuka) SketchUp 15 berdasarkan template yang dipilih. Tampilan awal tersebut terlalu sederhana dan kurang efisien dikarenakan tools atau alat-alat utama yang akan kita pergunakan dalam mendesain belum seluruhnya ditampilkan, yang mana hal itu bisa cukup mengurangi kecepatan kita dalam mendesain/mengoperasikan SketchUp nantinya. Oleh karena itu kita akan memodifikasi tampilan interface tersebut agar lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar