Selasa, 10 November 2015

02. PROSES INSTALASI SKETCHUP

SketchUp sendiri ada dua macam yang dirilis hampir di setiap versinya yaitu SketchUp Make dan SketchUp Pro. Perbedaannya yaitu: SketchUp Make, adalah versi gratis SketchUp yang bisa kita download maupun instal langsung dari situs resmi SketchUp (http://sketchup.com), sedangkan SketchUp Pro mengharuskan anda membayar untuk bisa mengakses fitur-fitur Pro yang tidak tersedia/tidak bisa anda akses bila menggunakan SketchUp Make. Adapun SketchUp Make telah mencukupi untuk menguasai penggunaan dasar aplikasi ini. Jika anda mengunduh aplikasinya langsung dari situs di atas, fitur-fitur SketchUp Pro tersebut bisa kita akses gratis selama 30 hari masa Trial terhitung setelah kita menginstal SketchUp Make. Setelah melewati masa trial tersebut, fitur-fitur SketchUp Pro tersebut tidak bisa lagi kita gunakan, dan SketchUp Pro trial tersebut secara otomatis digantikan dengan SketchUp Make yang bisa terus kita gunakan tanpa batasan waktu.

Pilih dan instal versi SketchUp yang sesuai untuk system pc/laptop anda serta memenuhi standard minimum hardware yang direkomendasikan oleh versi software tersebut. Jika system operasi komputer anda adalah Windows 64 Bit, maka pilihan terbaik yaitu dengan memilih SketchUp 64 Bit pula agar aplikasi ini bisa berjalan maksimal. Meskipun begitu anda tetap bisa menggunakan Google SketchUp 8 yang hanya tersedia untuk platform 32 Bit bila spesifikasi hardware anda kurang memadai.

Cara menginstal SketchUp cukup mudah. Dari situs pengembangnya (http://sketchup.com), klik dropdown menu PRODUCTS pilih SketchUp Make, tampilan berubah ke halaman SketcUp Make. Klik bilah tombol DOWNLOAD SKETCHUP untuk mulai mendownload installer .exe nya.



Atau anda bisa mengakses link berikut: http://www.sketchup.com/download/all bila ingin menginstal versi lainnya yang tersedia.

Setelah proses mendownload selesai, cari lokasi/directory hasil unduhan tersebut (Biasanya secara default, jika anda tidak merubahnya, terletak di folder Download, yang bisa diakses dari Windows Explorer, Menu FAVORITES, DOWNLOADS.

Cari file dengan nama: SketchUpMake-en-x32 atau SketchUpMake-en-x64 atau SketchUpMake-en.dmg jika anda mengunduh versi MAC nya. Double klik file tersebut untuk menjalankan proses instalasinya. Ikuti petunjuknya. Pada akhir proses instalasi, lakukan restrart jika di minta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar