Jumat, 13 November 2015

06. PENGENALAN TAMPILAN SKETCHUP / D. Navigasi

Navigasi adalah cara kita untuk berinteraksi dengan ruang 3 dimensi dalam SketchUp. Kita bisa memutar arah pandang (orbit view), menggeser fokus pandang (pan view), atau pun memperbesar/mengecilkan (mendekatkan/menjauhkan) fokus pandang/kamera pada ruang 3 dimensi (3D Space).

Untuk memudahkan dalam melakukan Navigasi ruang 3D pada SketchUp, disarankan untuk menggunakan mouse dengan 3 tombol (Scrool-Wheel Mouse). Hal ini dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi kita dalam mendesain terutama ketika mengerjakan projek dengan kompleksitas tinggi (terdiri dari banyak objek) atau projek berskala besar.


Download file: Latihan Navigasi di sini.














Download PDF cara penggunaan: Tools Navigasi Google SketchUp 8 di sini.

Jika anda sudah mendownload File Latihan dan File PDF Panduan Penggunaan Perangkat Navigasi pada GSU-8, lakukan latihan berikut:

1. Gunakan perangkat navigasi GSU-8 (Orbit, Pan, Zoom, Zoom Entents, Zoom Window) untuk masuk ke dalam salah satu ruang dalam Rumah Jaga, dan melihat ke arah Air Mancur dari balik jendela.


2. Gunakan perangkat navigasi GSU-8 (Orbit, Pan, Zoom, Zoom Entents, Zoom Window) untuk masuk ke dalam salah satu mobil yang terdapat dalam scene, kemudian atur pandangan agar mengarah/melihat ke arah mobil yang lain dari balik kaca mobil.



Selamat mencoba...  :)
Lihat link video di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar