Selasa, 10 November 2015

04. PENGENALAN TAMPILAN SKETCHUP / B. Modifikasi Tampilan

Perlu diingat, bahwa pemilihan template yang tepat dan sesuai dengan kriteria desain maupun skala ukuran yang anda gunakan, akan menjamin mulusnya proses desain yang akan anda lakukan. Hal ini berhubungan erat dengan proporsi dan akurasi desain yang akan dihasilkan.

Biasakan untuk mendefinisi ulang template yang akan digunakan setiap kita akan membuat sebuah desain. Apalagi bila anda tidak bekerja sendiri dalam membuat suatu desain atau mengerjakan sebuah projek.

Terkadang pula dalam mendesain, kita tidak harus membuat segalanya dari awal.
Sebagai contoh, elemen-elemen seperti pepohonan, alat tranportasi, jalan raya, jembatan, maupun sekumpulan gedung yang akan kita jadikan sebagai background desain kita, bisa kita download secara gratis dari lybrary online 3D Warehouse, dan di sinilah pentingnya pemilihan template yang tepat dan sesuai. Jika kita menggunakan template dengan ukuran feet, maka yang akan kita download ke dalam desain kita nantinya adalah objek-objek 3D Warehouse yang dibuat dalam ukuran feet pula.

Kesalahan dalam menentukan template/ukuran akan memaksa kita untuk me-rescale desain yang telah dibuat, atau kita terpaksa mendownload ulang elemen-elemen tersebut yang mana hal tersebut sangat tidak efisien dan membuang banyak waktu dan energi.

Untuk memilih ulang/mengganti template desain yang akan digunakan caranya:
Dari Menu WINDOW, cari dan klik PREFERENCES. Muncul jendela SYSTEM PREFERENCES, cari dan klik TEMPLATE pada baris sebelah kiri jendela System Preferences yang muncul, kemudian pilih ulang template yang akan di gunakan pada baris sebelah kanan.



Atau, untuk mengatur Template agar lebih presisi, bisa anda lakukan dengan cara:
Klik Menu WINDOW, pilih MODEL INFO, pada kotak dialog box yang muncul, pilih UNITS pada kolom kiri bawah, lalu tentukan unit yang akan anda gunakan.
Melalui kotak dialog box tersebut anda juga bisa mengatur akurasi Angle Units dan Angle Snapping yang akan sangat berguna pada saat mengatur sudut dan rotasi objek.


Sekarang kita akan memodifikasi tampilan SketchUp untuk memunculkan tools (perangkat kerja) yang akan sering kita gunakan.

Klik Menu VIEW, klik TOOLBARS untuk memunculkan jendela Toobars (Lihat Gambar 3a dan 3b di bawah).


Hilangkan centang pada kotak GETTING STARTED untuk menonaktifkan toolbar minimalis yang secara default aktif.

Kemudian, berturut-turut aktifkan (beri tanda centang pada kotak):
LARGE TOOL SET, LAYERS, STANDARD, STYLES, dan VIEWS  untuk menampilkan sejumlah perangkat/tools yang paling sering akan digunakan dalam mendesain.
Atur posisi toolset tersebut seperti terlihat pada gambar 4 di bawah.



Lihat link video: Modifikasi Tampilan Interface di sini.
Lihat link video: Cara Lain Mengatur Units dan Snapping Angle di sini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar